Menu

Makna Motif Batik Parangkusumo  

Posted by kaosbatikkawung in ,

Pada posting yang lalu, saya menulis tentang Makna Motif Batik Kawung seperti yang saya buat untuk kaos batik saya. Pada kesempatan kali ini saya masih ingin menulis makna salah satu motif batik yang lain yaitu Motif Parangkusumo yang juga sebagai salah satu motif favorit kaos batik yang saya produksi. Sebelum kita bicara tentang motif Parangkusumo, motif parang sendiri ada banyak jenis, antara lain parang barong, parang rusak, dan parangkusumo.

Parangkusumo mengandung makna hidup harus dilandasi oleh perjuangan untuk mencari keharuman lahir dan batin, ibaratnya keharuman bunga (kusuma). Demikianlah, bagi orang Jawa, hidup di masyarakat yang paling utama dicari adalah keharuman pribadinya tanpa meninggalkan norma-norma yang berlaku dan sopan santun agar dapat terhindar dari bencana lahir dan batin. Walaupun sulit untuk direalisasikan, namun umumnya orang Jawa berharap bisa menemukan hidup yang sempurna lahir batin.
Apalagi di zaman yang serba terbuka sekarang ini, sungguh sulit untuk mencapai ke tingkat hidup seperti yang diharapkan, karena banyak godaan. Di zaman materialistis ini, orang lebih cenderung mencari nama harum dengan cara membeli dengan uang yang dimiliki, bukan dari tingkah laku dan pribadi yang baik.

This entry was posted on Kamis, 04 November 2010 at Kamis, November 04, 2010 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar